Setiap perguruan tinggi akan berusaha memberikan keunggulan layanan pendidikan sebagai salah satu strategi pemasaran. Mahasiswa, dosen, karyawan, masyarakat, pengguna lulusan, asosiasi profesi dan pemerintah adalah sebagai stakeholders bagi penyelenggaraan perguruan tinggi. Ketatnya persaingan menuntut penyelenggara pendidikan tinggi untuk meningkatkan layanannya kepada para stakeholder sebagai usaha untuk meningkatkan dan mempertahankan jumlah mahasiswanya. Perbaikan kualitas layanan dan pengelolaan hubungan dengan stakeholder diharapkan mampu memberikan keunggulan yang kompetitif. Social Media Customer Relationship Management (CRM) atau Social CRM adalah integrasi media sosial ke dalam CRM institusi dan berfokus pada bagaimana membangun hubungan yang efektif dengan pihak-pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, agar mereka tetap setia pada produk dan layanan yang diberikan oleh institusi pendidikan dalam jangka panjang. Implementasi Social CRM untuk institusi perguruan tinggi membutuhkan sebuah desain Enterprise Architecture (EA) yang dapat membantu institusi menyesuaikan strategi yang kompetitif dan selaras dengan visi institusi dengan memanfaatkan teknologi informasi. Hasil dari penelitian ini adalah merancang EA menggunakan framework TOGAF 10 ADM dalam lingkungan cloud computing untuk menghasilkan target model bisnis dan artefact pada setiap tahapannya. Dengan.memanfaatkan EA dalam pengembagan sistem informasi dapat membantu institusi menerapkan teknologi informasi untuk strategi yang kompetitif.
Copyrights © 2024