Jurnal Tecnoscienza
Vol. 9 No. 1 (2024): TECNOSCIENZA

Implementasi Tombol Panik SOS Untuk Lansia Berbasis IoT Pada Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia Dewanata Cilacap

Munawaroh, Hasna Sarifatin (Unknown)
Rosad, Safiq (Unknown)
Sulistyanto, Edy (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2024

Abstract

Jumlah lansia perempuan semakin terlihat jelas di antara seluruh lansia, yaitu rasio jenis kelamin penduduk lansia yang relatif rendah, terutama rasio jenis kelamin lansia dan centenarian lebih rendah. Lansia dan proses menua, lansia sangat rentan terhadap berbagai permasalahan baik secara fisik maupun psikologis.  Permasalahan terkait status kesehatan lansia disebabkan oleh perubahan fungsi fisiologis tubuh, dan juga dipengaruhi oleh gaya hidup pada masa muda. Kesehatan para lansia rentan sehingga sebagian besar menderita penyakit kronis. Peningkatan umur panjang pada lansia memerlukan perhatian yang lebih, karena lansia merupakan populasi yang rentan terhadap meningkatnya permasalahan kesehatan dan banyaknya faktor risiko yang mempengaruhinya. Lansia juga memiliki tingkat probabilitas yang tinggi terhadap gangguan kesehatan lansia yang mengalami penyakit kronis dan ketidakmampuan lainnya. Mempermudah perawatan untuk lansia maka, kali ini akan membuat sebuah alat “Tombol Panik SOS berbasis IoT” alat ini akan berguna untuk aktivitas sehari-hari lansia yang membutuhkan bantuan kepada perawat dan sebagainya. Pengembangan panic button yang digunakan untuk perkembangan kesehatan Lansia. Pengguna dari bahaya atau situasi darurat dengan memberikan akses cepat dan mudah ke bantuan. Kecepatan pengiriman pesan ini krusial untuk mendapatkan bantuan secepat mungkin. Kecepatan respons dalam situasi darurat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TECNOSCIENZA

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Engineering Mathematics Other

Description

TECNOSCIENZA is an academic journal on the issued related to engineering, earth science, and technology. Published actually in April and October. It is open to all scientist, researchers, education practitioners, and other scholar. Therefore this journal welcomes to various topics that have recieved ...