Penggunaan buku LKS cetak sebagai media pembelajaran dan model pembelajaran yang masih konvensional membuat siswa kurang tertarik dalam mempelajari materi IPAS, siswa cenderung bosan dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Hal tersebut membuat motivasi dan hasil belajar siswa menurun. Tujuan diadakan penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk mendeskripsikan kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan E-LKPD berbasis quantum learning pada materi IPAS bab 6 Indonesiaiu Kaya Budaya berbantuan liveworksheets. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model penelitian 4D namun hanya sampai tahap development. Subjek penelitian ini yaitu siswa SDN Sumberpucung 03 sebanyak 37 siswa dan satu guru . Instrument yang digunakan yaitu lembar validasi ahli, angket kepraktisan guru, angket kepraktisan siswa, dan lembar kerja peserta didik. Hasil validasi media sebesar 95℅ dengan kriteria sangat layak, validasi bahasa sebesar 80% dengan kategori layak, dan hasil validasi ahli materi sebesar 96% dengan kategori sangat layak. Respon guru diperoleh presentase sebesar 96℅ dengan kategori sangat praktis dan respon siswa sebesar 88,9% dengan kategori sangat praktis. Kemudian hasil ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 75% dengan kategori baik. Dengan begitu E- LKPD berbasis quantum learning liveworksheets layak, praktis, dan efektif digunakan pada materi IPAS bab 6 Indonesiaku kaya budaya.
Copyrights © 2024