Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 12 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA WATER CYCLE (SIKLUS AIR) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP HUJAN PADA PESERTA DIDIK DI PAUD BAM-BIM AN-NUR KOTA TASIKMALAYA

Oktapian, Popy Nur (Unknown)
Khoemaeny, Elfan Fanhas Fatwa (Unknown)
Nugraha, Fajar (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama Water Cycle (siklus air) terhadap pemahaman konsep hujan pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Bam-Bim An-Nur,Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman anak mengenai proses terjadinya hujan setelah menggunakan diorama sebagai media pembelajaran. Sebelum perlakuan, sebagian besar anak hanya memiliki pemahaman dasar tentang hujan, namun setelah perlakuan, mereka dapat menjelaskan siklus air dengan lebih baik.Penelitian ini mengungkapkan bahwa media diorama efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep ilmiah pada anak usia dini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...