Keterbatasan stimulasi dan penggunaan media untuk mengatasi permasalahan kesulitan berhitung masih menjadi kendala yang dihadapi oleh anak usia 2-3 tahun. SIPERU hadir sebagai alternatif dalam memberikan media untuk stimulasi kesulitan berhitung anak usia 2-3 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui optimalisasi kemampuan berhitung anak usia 2-3 tahun dengan menggunakan media permainan SIPERU di KB Labschool UPI Serang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Melibatkan sample pada KB Labschool UPI Serang sejumlah 3 anak. analisis data menggunakan metode Miles dan Huberman. Adapun hasil penelitian yaitu 1 orang anak yang sebelumnya dikategorikan kurang baik menjadi baik dan 2 orang anak yang sebelumnya dikategorikan cukup baik menjadi sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian yaitu bahwa media permainan SIPERU terbukti efektif untuk mengoptimalisasikan kemampuan berhitung anak usia 2-3 tahun.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024