BPJS Ketenagakerjaan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai penyelenggara jaminansosial sangat erat kaitannya dengan para pekerja maupun pihak pemberi kerja ataupun korporasi, halini terlihat dalam hubungan yang berkaitan dengan pembayaran premi yang nantinya akan dibayarkanpihak korporasi untuk menjamin pekerjanya agar mendapatkan program jaminan sosial yangdiselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanatingkat kepuasan pekerja SPBE PT. Pinrang Gas Pratama terhadap pelayanan BPJS Ketenagakerjaandilihat dari kehandalan (reliability), jaminan (assurance), bukti fisik (tangibles), empati (emphaty) dandaya tanggap (responsiveness). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatandeskriptif, dengan jumlah informan sebanyak 10 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwa kelima indikator terhadap kepuasan pekerja di SPBE PT. Pinrang Gas Pratamasudah cukup baik, namun masih ada beberapa indikator yang perlu ditingkatkan seperti halnya:kesopanan petugas dalam melayani pasien, meningkatkan fasilitas serta peralatan yang belum lengkap,dan cepat tanggap dalam menangani pasien agar tercipta sebuah kepuasan pasien yang menjadikepuasan pekerja dalam menggunakan BPJS Ketenagakerjaan. Saran dari penelitian ini yaitu penelitimenyarankan agar perlu adanya kegiatan sosialisasi oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan terhadapnasabahnya agar peserta yang minim informasi bisa menikmati layanan BPJS Ketenagakerjaan tanpaadanya kendala
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025