Pendidikan di Indonesia diharapkan dapat mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang memiliki komitmen kuat dan konsiten untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, ketrampilan, akhlak kemuliaa, serta mengembangkan keahlian ketrampilan, menguasai keahlian dan dasar-dasar ilmu pengetahuan teknologi yang membangun integeritas sosial serta membudayakan dan mewujudkan karakter nasional. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran diskusi. Hasil dari penelitian ini bahwa penerapan Metode Diskusi yang diterapkan dalam pembelajaran PAI siswa kelas VII SMP Negeri 1 Berastagi meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan prosentase siswa tuntas dari siklus I sebesar 54,54% pada siklus II menjadi 72,72%. Berdasarkan penelitian ketuntasan belajar siswa kelas VII adalah peningkatan nilai tertinggi pada siklus I ke siklus II yakni dari 85 menjadi 90. Terdapat dampak dari penerapan metode diskusi selama proses pembelajaran yaitu meningkatnya keaktifan siswa dalam keikutsertaan mereka untuk berpartisipasi dalam pelajaran PAI.
Copyrights © 2025