Beberapa faktor penyebab kerusakan jalan antara lain kurang baiknya kondisi drainase dan daya dukung tanah yang rendah. Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh kondisi drainase dan nilai daya dukung tanah terhadap kinerja permukaan jalan. Daerah penelitian berada di Kabupaten Sintang meliputi Jalan Kelam dan Jalan Dharma Putra. Kondisi permukaan jalan merupakan data sekunder berdasarkan hasil studi BAPPEDA Kabupaten Sintang (2023) metode International Roughness Index (IRI) aplikasi Roadroid. Kondisi permukaan jalan didapat kondisi baik 20 segmen (71,43%), kondisi sedang 6 segmen (21,43%), dan kondisi rusak ringan 2 segmen (7,14%). Kondisi drainase diperoleh dari survei lapangan dengan meninjau penilaian kondisi menurut Shahin (2005). Dari kondisi drainase didapat tingkat keparahan rendah 6 segmen (21,43%), kondisi sedang 8 segmen (28,57%), dan kondisi tinggi 14 segmen (50,00%). Nilai CBR didapat dengan melakukan pengujian DCP secara langsung ke lokasi penelitian. Dari nilai CBR didapat kondisi bagus 2 segmen (7,14%), kondisi baik 13 segmen (46,43%), kondisi sedang 9 segmen (32,14%), dan kondisi jelek 4 segmen (14,29%). Hasil analisis metode Regresi Logistik Ordinal pada IBM SPSS Statistics 25, digunakan nilai Pseudo R-Square yang menunjukkan Kondisi Drainase dan Nilai CBR mempengaruhi Nilai IRI sebesar 19,6%, sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain. Model yang didapatkan adalah ð‘”1(ð‘¥)=1,386−0,827ð‘‹1(1)+0,303ð‘‹1(2)−2,490ð‘‹2(1)−0,478ð‘‹2(2)+0,721ð‘‹2(3) dan ð‘”2(ð‘¥)=3,292−0,827ð‘‹1(1)+0,303ð‘‹1(2)−2,490ð‘‹2(1)−0,478ð‘‹2(2)+0,721ð‘‹2(3).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024