Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol 4 No 12 (2024): JPTI - Desember 2024

Analisis Pemilihan Jurusan pada Calon Siswa SMK Negeri 4 Palembang Pada Faktor Penentu Pemilihan Jurusan Menggunakan Association Rule dan Random Forest

Budi Prayoga, Muhamad Hafiz (Unknown)
Ermatita, Ermatita (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan jurusan pada calon siswa SMK Negeri 4 Palembang menggunakan metode Association Rule dan Random Forest. Pemilihan jurusan di SMK merupakan keputusan penting yang dapat memengaruhi masa depan siswa, sehingga diperlukan pendekatan analisis yang tepat untuk memberikan rekomendasi jurusan berdasarkan faktor akademis dan non-akademis. Association Rule digunakan untuk mengidentifikasi pola-pola tersembunyi antara faktor akademis, seperti nilai mata pelajaran, dengan pilihan jurusan, sementara Random Forest diterapkan untuk membangun model prediksi yang akurat dalam menentukan jurusan yang tepat bagi siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai mata pelajaran tertentu, seperti Matematika dan IPA, memiliki hubungan yang signifikan dengan kecenderungan siswa memilih jurusan tertentu. Model prediksi berbasis Random Forest memberikan akurasi yang tinggi dan stabil dalam memprediksi pilihan jurusan siswa berdasarkan faktor-faktor yang telah diidentifikasi. Model ini diharapkan dapat membantu pihak sekolah dalam memberikan bimbingan karier yang lebih terarah kepada siswa, sehingga mereka dapat membuat keputusan yang lebih tepat dan sesuai dengan minat serta potensi akademik mereka.Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan sistem pendukung keputusan di sekolah, yang dapat digunakan dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk meningkatkan kepuasan dan kesesuaian pilihan jurusan dengan kemampuan siswa. Dengan demikian, hasil dari penelitian ini dapat memberikan wawasan yang bermanfaat bagi sekolah dalam meningkatkan efektivitas bimbingan karier bagi siswa SMK.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup ...