Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol 4 No 11 (2024): JPTI - November 2024

Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Efisiensi Layanan TOEFL di Universitas Nahdlatul Ulama NTB

Samsudin, Angga Radlisa (Unknown)
Tamrin, Mohamad (Unknown)
Rahman, Fazlul (Unknown)
Sunardi, Sunardi (Unknown)
Aburrafikin, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi di sektor pendidikan telah menjadi faktor kunci dalam meningkatkan kualitas layanan dan efisiensi operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi berbasis web yang dapat meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akurasi dalam layanan TOEFL di Universitas Nahdlatul Ulama NTB. Tujuan utama dari sistem ini adalah untuk mengatasi berbagai masalah yang sering muncul dalam pengelolaan layanan TOEFL, seperti proses manual yang memakan waktu, transparansi yang terbatas, dan potensi terjadinya human error. Dalam pengembangan sistem, metode waterfall dan pendekatan berorientasi objek digunakan untuk merancang dan mengimplementasikan solusi yang efisien dan terstruktur.Fitur utama dari sistem ini meliputi pendaftaran daring, pelacakan status pendaftaran secara real-time, serta akses yang mudah bagi pengguna untuk melihat hasil tes. Selain itu, sistem dilengkapi dengan modul pelaporan yang memfasilitasi evaluasi kinerja. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi berbasis web ini berhasil meningkatkan efisiensi layanan dengan mengurangi waktu pendaftaran hingga 40% dan mengurangi tingkat kesalahan manual sebanyak 25%. Proses validasi otomatis yang dilakukan dalam sistem mengurangi kemungkinan kesalahan manusia dan meningkatkan akurasi penilaian.Implementasi sistem ini tidak hanya menghemat waktu dan biaya, tetapi juga menyediakan data yang lebih tepat untuk pengambilan keputusan. Pengguna dapat melakukan registrasi mandiri, memantau status mereka, dan menerima notifikasi otomatis terkait hasil tes. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknologi informasi dalam layanan pendidikan dapat memberikan dampak yang besar terhadap peningkatan kualitas layanan dan kepuasan pengguna, sehingga sistem ini menjadi solusi inovatif yang mengintegrasikan seluruh proses layanan TOEFL dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup ...