SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 16, No 2: Desember 2024

SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DITINJAU DARI PENYELESAIAN SOAL LITERASI NUMERASI

Pratiwi, Ulpha Mega (Unknown)
Novaliyosi, Novaliyosi (Unknown)
Pujiastuti, Heni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini mencari tahu bagaimana keterkaitan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Melihat seperti apa kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal literasi numerasi apakah ada faktor-faktor yang berpengaruh terhadap hubungan berpikir kritis dengan soal literasi numerasi. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), teknik pengumpulan data diawali dengan mengumpulkan artikel terkait di Google Scholar, Sinta dengan kata kunci berpikir kritis, matematika dan literasi numerasi. Hasil dari penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kritis siswa sangat berpengaruh ketika mengerjakan soal-soal literasi numerasi beberapa artikel menunjukan peningkatan kemampuan berpikir kritis saat siswa menyelesaikan soal-soal literasi numerasi, ada banyak faktor yang menentukan siswa mampu berpikir kritis seperti kurangnya minat membaca siswa dan motivasi siswa untuk memahami soal dengan baik seperti soal yang berbentuk text panjang. Faktor lain yang dapat mempengaruhi berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal literasi nuemrasi yaitu model pembelajaran yang guru berikan dikelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...