SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 16, No 2: Desember 2024

PENGARUH KECEMASAN MATEMATIS, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN MINAT BELAJAR YANG DIMODERASI OLEH EFIKASI DIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Wahyuni, Lenny (Unknown)
Azmi, Roma Doni (Unknown)
Susanti, Susanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara efikasi diri, kecemasan matematis, motivasi berprestasi, dan minat belajar, terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian 65 siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif asosiatif Pengambilan data menggunakan teknik pemberian soal tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kecemasan matematis terhadap pemahaman konsep matematika; terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap pemahaman konsep matematika; terdapat pengaruh minat belajar terhadap pemahaman konsep matematika; tidak terdapat pengaruh kecemasan matematis terhadap pemahaman konsep matematika melalui efikasi diri sebagai moderating; terdapat pengaruh motivasi berprestasi terhadap pemahaman konsep matematika melalui efikasi diri sebagai moderating; dan terdapat pengaruh minat belajar terhadap pemahaman konsep matematika melalui efikasi diri sebagai moderating.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...