SIGMA: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 16, No 2: Desember 2024

PENGEMBANGAN INSTRUMEN LITERASI NUMERASI PADA MATERI STATISTIKA UNTUK TINGKAT SMA

Dahlia, Dini (Unknown)
Nindiasari, Hepsi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen literasi numerasi pada materi statistika bagi siswa SMA dengan menggunakan konteks budaya dan personal yang relevan. Metode penelitian ini melibatkan beberapa tahap, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan instrumen, validasi oleh ahli, serta uji coba pada siswa. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, form validasi ahli, angket keterbacaan, dan tes literasi numerasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa sebagian besar instrumen yang dikembangkan memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Penggunaan konteks yang familiar bagi siswa, seperti budaya Banten dan pengalaman kehidupan sehari-hari, terbukti efektif dalam membantu siswa memahami dan mengaplikasikan konsep statistika dalam situasi nyata. Hasil implementasi di kelas menunjukkan bahwa instrumen ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi statistika, tetapi juga menarik minat mereka dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian, penelitian ini menyarankan agar pengembangan instrumen literasi numerasi terus dilakukan dengan mempertimbangkan konteks yang relevan untuk siswa serta pelatihan bagi guru dalam mengimplementasikan instrumen ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

The aim of this journal is to publish research in mathematics education including teaching and learning, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, and educational development from many kinds of research such as survey, research and development, ...