Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam
Vol 7, No 2 (2024): Juli

HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING, SELF COMPASSION DAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN GRESIK

Fadilah, Ela Nur (Unknown)
Christiana, Elisabeth (Unknown)
Budiyanto, Budiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2024

Abstract

Setiap peserta didik mempunyai cara yang berbeda untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Menunda-nunda mengerjakan tugas akan mempengaruhi kinerja akademik (Deemer et al., 2014). Kecenderungan prokrastinasi akademik akan mengakibatkan mengerjakan tugas yang diberikan menjelang batas waktu yang diberikan, sehingga memiliki sedikit waktu untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubngan Self Regulated Learning, Self Compassion dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri di Kabupaten Gresik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek dari penelitian ini siswa SMA Negeri di Kabupaten Gresik dengan sampel 391 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil uji korelasi diperoleh nilai signifikansi change sebesar 0,000 kecil dari 0,005 dan R koefisien sebesar 0,677 besar dari 0,998. Nilai korelasinya berada diantara 0,060 hingga 0,79 yang berarti memiliki Tingkat hubungan yang kuat. Dan sumbangan efektif sebesar 45%, dan 55% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alisyraq

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam is a scientific journal, serves as a forum for publishing the original research articles related to Islamic guidance and counseling. The bulletin encompasses research articles, original research report, reviews, short communications and ...