Setiap peserta didik mempunyai cara yang berbeda untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Menunda-nunda mengerjakan tugas akan mempengaruhi kinerja akademik (Deemer et al., 2014). Kecenderungan prokrastinasi akademik akan mengakibatkan mengerjakan tugas yang diberikan menjelang batas waktu yang diberikan, sehingga memiliki sedikit waktu untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubngan Self Regulated Learning, Self Compassion dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Negeri di Kabupaten Gresik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Subjek dari penelitian ini siswa SMA Negeri di Kabupaten Gresik dengan sampel 391 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil uji korelasi diperoleh nilai signifikansi change sebesar 0,000 kecil dari 0,005 dan R koefisien sebesar 0,677 besar dari 0,998. Nilai korelasinya berada diantara 0,060 hingga 0,79 yang berarti memiliki Tingkat hubungan yang kuat. Dan sumbangan efektif sebesar 45%, dan 55% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.
Copyrights © 2024