Penelitian ini mengkaji implementasi kebijakan pendidikan berkualitas di pesantren modern Provinsi Aceh dalam konteks pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus khususnya multiple case study, peneliti melakukan pengamatan pada beberapa pesantren di Aceh, Sumber data yang digunakan untuk mengkaji kebijakan pendidikan berkualitas di pesantren modern Aceh yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur dan observasi langsung, Teknik keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi data. penelitian ini menggali upaya pesantren dalam memberikan kesempatan belajar yang inklusif, menyediakan pendidikan bermutu sesuai kebutuhan dan kemampuan santri, serta menciptakan lingkungan belajar yang menghargai keberagaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren telah berupaya mengimplementasikan kebijakan pendidikan berkualitas melalui berbagai program pengembangan bakat, fleksibilitas pembelajaran, dan kegiatan yang mempromosikan keberagaman. Namun, masih terdapat tantangan seperti keterbatasan dalam mengakomodasi santri berkebutuhan khusus dan menciptakan lingkungan yang sepenuhnya inklusif. Penelitian ini juga menganalisis kontribusi sektor non-pemerintah, khususnya program Dayah Ramah Anak oleh LSM Aceh Hijau, dalam mendukung kebijakan pendidikan berkualitas di pesantren. Studi ini menyoroti pentingnya kolaborasi multi-stakeholder dan penyesuaian kebijakan untuk mencapai standar pendidikan berkualitas sesuai SDGs di lingkungan pesantren modern Aceh.
Copyrights © 2024