Abstrak Pemberdayaan UMKM di Lombok ada yang mampu go internasional, namun banyak UMKM yang masih mengalami kendala, yaitu kompetensi pengetahun digital dan belum memaksimalkan penggunaannya, serta terdapat inefisiensi dalam produksi. Diperlukannya pelatihan lebih lanjut guna meningkatkan kapasitas UMKM. Metode pengabdian dalam tulisan ini menggunakn Collaborative Action Research dengan mengambil sampel UMKM binaan UNIZAR dan UMKM yang ada di senggigi, dengan mengkolaborasikan temuan kekurangan UMKM dan memberikan pelatihan. Pengabdian ini bertujuan untuk melakukan pemberdayaan UMKM dengan memberikan pelatihan digitalisasi pemasaran digitalisasi keuangan dan efisiensi dalam produksi. Hasil observasi dari pengabdian enampuluh persen UMKM sudah melakukan digitalisasi pemasaran akan tetapi masih belum maksimal, dan belum berdampak pada peningkatan UMKM, sedangkan dalam digitalisasi keuangan baru 10% UMKM yang melakukan pencatatan keuangan. Setelah dilakukanya pengabdian semua peserta memiliki akun pencatatan keuangan dibuku warung dan akun di shoope yang bisa di akses langsung melalui ponsel untuk meningkatkan digitalisasi keuangan dan pemasaran. Kata kunci: digitalisasi; keuangan; pemasaran; efisien Abstract Powered umkm in lombok no one can go international, But many umkm are still in trouble., It's a digital year's competence and it hasn't maximized its use yet., And there's inefficients in production..The need for further training to increase the capacity of the umkm.The method of devotion in this writing uses a collaborative action research by taking a sample of umkm binizar and umkm in the tooth, by collaborating finds lacking in umkm and providing training.This devotion aims to empower the umkm by giving digital training digitalization finance and efficiency in production. Observations of devotion enampuluh percent would have done digitalisasi marketing but still not maximum, and has managed to improve businesses, meanwhile in 10 new financial digitalisasi % micro and small entrepreneurs who do recording financial.After dilakukanya devotion all participants get into the service recording financial dibuku shoope account in food stalls and can in direct access by satellite phone to increase financial and marketing digitalisasi Keywords: digital; marketing finance; efficiency
Copyrights © 2024