SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 8, No 4 (2024): December

Peningkatan kompetensi MGMP matematika di Kabupaten Bintan melalui pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis digital dengan konteks kemaritiman

Putri, Nurul Hilda Syani (Unknown)
Siregar, Nur Asma Riani (Unknown)
Sumarni, Een (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Abstrak Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru MGMP Matematika SMP di Kabupaten Bintan dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi digital dengan konteks kemaritiman. Sebanyak 45 peserta terlibat, mewakili MGMP dari berbagai SMP/MTs di Kabupaten Bintan. Metode pelaksanaan meliputi ceramah, diskusi, demonstrasi, dan tugas terbimbing. Materi pelatihan mencakup pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran, desain media menggunakan Canva, serta pembuatan media berbasis aplikasi dengan Smart Apps Creator (SAC).  Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 30% peserta sangat mampu dan 70% mampu menggunakan Canva, sedangkan 16% sangat mampu dan 84% mampu menggunakan SAC. Selain itu, 17% peserta sangat mampu dan 83% mampu mengintegrasikan konteks kemaritiman dalam media pembelajaran. Pelatihan ini memberikan manfaat signifikan, seperti meningkatkan wawasan dan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif yang relevan dengan konteks lokal. Kesimpulannya, pelatihan berhasil mendukung pengembangan kompetensi guru dalam menyusun media pembelajaran berbasis digital yang efektif dan bermakna, meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pengaitan materi dengan kearifan lokal.  Kata Kunci: kompetensi; media pembelajaran; digital; kemaritiman; MGMP matematika.   Abstract This training aimed to enhance the competence of MGMP Mathematics teachers at junior high schools in Bintan Regency in developing application-based digital learning media with a maritime context. A total of 45 participants from various junior high schools and Islamic junior high schools (SMP/MTs) in Bintan Regency took part. The methods employed included lectures, discussions, demonstrations, and guided assignments. Training materials covered the use of information technology in teaching, designing media with Canva, and developing application-based media using Smart Apps Creator (SAC).  The evaluation results revealed that 30% of participants were highly proficient and 70% were proficient in using Canva, while 16% were highly proficient and 84% were proficient in using SAC. Additionally, 17% of participants were highly proficient and 83% were proficient in integrating maritime context into learning media. This training significantly benefited the participants by improving their knowledge and skills in creating interactive learning media relevant to local contexts. In conclusion, the training successfully supported the development of teachers' competence in designing effective and meaningful digital learning media, fostering students' motivation by integrating subject matter with local maritime wisdom.  Keywords: competence; learning media; digital; maritime; MGMP mathematics 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...