Elang: Journal Of Interdisciplinary Research
Vol 1 No 02 (2024): ELANG: Journal of Interdisciplinary Research

Pengaruh Positive Self Concept Dan Self Confident Terhadap Self Efficacy Mahasiswa ( Studi Kasus pada Mahasiswa STIKI Prodi S1/D3 Sistem Informasi Malang )

Windarini Cahyadiana (Sekolah Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI))



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengetahui, apakah Positive Self Concept dan Self Confident berpengaruh signifikan terhadap Self Efficacy mahasiswa. Self Efficacy merupakan bentuk keyakinan seorang individu akan kemampuannya dalam melakukan serta menyelesaikan suatu aktifitas dengan baik. Positive Self Concept (Konsep/Gambar Diri Positif) nerupakan gambar diri seorang individu terhadap diri sendiri. Sedangkan Self Confident (Kepercayaan Diri) merupakan bentuk keyakinan seorang individu akan kemampuannya. Positive Self Concept dan Self Confident merupakan faktor-faktor pembentuk Self Efficacy (Keyakinan Diri) seorang individu. Penelitian ini menggunakan responden mahasiswa STIKI Malang. Variabel X dari penelitian ini adalah Positive Self Concept (X1) dan Self Confident (X2), sedangkan variabel Y adalah Self Efficacy. Perolehan data dilakukan dengan cara pengisian angket secara online oleh mahasiswa responden. Data yang diperoleh, kemudian diolah dan diuji dengan menggunakan SPSS berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji signifikansi, dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil pengujian tersebut, diketahui bahwa, Positive Self Concept dan Self Confident berpengaruh signifikan terhadap Self Afficacy mahasiswa, baik secara parsial maupun secara simultan. Dengan memiliki Positive Self Concept dan Self Confident, maka seorang mahasiswa akan memiliki Self Efficacy untuk meraih prestasi dan mengejar kompetensi dibidangnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

elang

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Other

Description

Ruang lingkup dan fokus terkait dengan penelitian dengan pendekatan Multidisipliner, yang meliputi: Ilmu Manajemen dan Bisnis, Desain Komunikasi Visual, Rekayasa Sosial dan Ilmu ...