TEACHING : Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2024)

PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN TATA BUSANA KELAS XI DI SMK NEGERI BALANIPA POLEWALI MANDAR

HUDIAH, ANDI (Unknown)
JAMAL, ASMAWATI (Unknown)
AISYAH, ST. (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2024

Abstract

The purpose of this research is to find out (1) an overview of the learning facilities for students majoring in Fashion Design class Xl at SMK Negeri Balanipa Polewali Mandar (2) the learning outcomes of students majoring in Fashion Design class student majoring in Fashion Design class Xl at Balanipa Polewali Mandar State Vocational School. This research is quantitative descriptive, with a population of 44 students and a sample of 44 students. Research data was obtained using observation, questionnaire and documentation methods. The data analysis technique is an inference analysis technique (simple regression) which uses average values, using normality tests and linearity tests, while hypothesis testing uses simple linear regression analysis techniques. The results of the research show (1) the learning facilities for students majoring in Fashion Design class Overall Mandar is very good (88.7). (3) there is a significant influence of learning facilities on the learning outcomes of students majoring in Fashion Design class Xl at Balanipa Polewali Mandar State Vocational School. This is shown by the majority of learning results being in the very good category (88.7%). ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) gambaran fasilitas belajar siswa jurusan Tata Busana kelas Xl di SMK Negeri Balanipa Polewali Mandar (2) hasil belajar siswa jurusan Tata Busana kelas Xl di SMK Negeri Balanipa Polewali Mandar (3) pengaruh fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa jurusan Tata Busana kelas Xl di SMK Negeri Balanipa Polewali Mandar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jumlah populasi dan sampel berjumlah 44 siswa. Data penelitian diperoleh dengan metode observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis regersi sederhana yang digunakan nilai rata-rata, menggunakan uji normalitas dan uji linearitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan (1) fasilitas belajar siswa jurusan Tata Busana kelas Xl di SMK Negeri Balanipa Polewali Mandar sangat baik (93,9), berada pada kategori sangat baik (2) hasil belajar siswa jurusan Tata Busana kelas Xl di SMK Negeri Balanipa Polewali Mandar secara keseluruhan sangat baik (88,7). (3) terdapat pengaruh yang signifikan dari fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa jurusan Tata Busana kelas Xl di SMK Negeri Balanipa Polewali Mandar. Hal ini ditunjukkan hasil Belajar sebagian besar berada pada katerori sangat baik (88,7%).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

teaching

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan keguruan dan ilmu ...