Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Lokasi, Nilai Pelanggan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen melalui Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Intervening. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif , penarikan sampel yang digunakan adalah accidental sampling yaitu konsumen Minimarket Saga Swalayan yang kebetulan bertemu sebanyak 97 responden. Metode yang digunakan adalah Structure Equation Modeling (SEM) dengan Partial Least Square (PLS) 4.0. Hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa lokasi, nilai pelanggan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Lokasi, nilai pelanggan dan harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Lokasi, nilai pelanggan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan dimediasi oleh kualitas pelayanan. Saran bagi perusahaan perluasan lokasi yang tepat dapat memberikan kenyamanan pada konsumen, bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan hasil penelitian ini dengan menambahkan atau mengganti variabel bebas diluar variabel ini atau mengujinya, seperti brand image, keputusan pembelian, dan lain-lain.
Copyrights © 2024