Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bimbingan kelompok dengan metodepsikodrama terhadap peningkatan efikasi diri siswa kelas VII SMP Negeri 8 Madiun. Penelitianini menggunakan metodologi eksperimental secara kuantitatif. Populasi dalam penelitian iniberjumlah 120 siswa, 12 siswa di kelompok eksperimen dan 12 siswa di kelompok kontrol.Lembar observasi dan kuesioner digunakan sebagai alat penelitian. Kuesioner pretest-postestdigunakan untuk mendapatkan informasi tentang efikasi diri. Hasil uji-t Sampel Independenmenunjukkan perlunya pengujian hipotesis, dan uji penguatan digunakan untuk mengukurefikasi layanan. Temuan penelitian, yang mencakup uji hipotesis dengan nilai Sig (2-tailed)pada nilai asumsi varians yang sama sebesar 0,000 dan ambang signifikansi sebesar 0,05 (α =5%), menunjukkan keberhasilan supervisi kelompok menggunakan teknik psikodrama dalammeningkatkan efikasi diri siswa. Hasil uji gain efikasi diri menghasilkan persentase n-gainsebesar 77,5% dengan kategori efektif dan nilai n-gain sebesar 0,7750 dengan kategori tinggi.Dengan demikian, temuan menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan psikodrama dalambimbingan kelompok dapat secara efektif meningkatkan rasa efikasi diri siswa.Kata kunci: Efikasi Diri, Psikodrama, dan Bimbingan Kelompok
Copyrights © 2024