Indonesian Journal of Education and Development Research
Vol 3, No 1 (2025): Januari 2025

Evaluasi Program Hut RI di TK Negeri Pembina Sunggal Melalui Model CIPP

Riyani, Nabila (Unknown)
Yus, Anita (Unknown)
Wibawa, Yakesih (Unknown)
Lubis, Siti Khodijah (Unknown)
Audia, Puan (Unknown)
Rajaguguk, Meri (Unknown)
Nyoman, Ni (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggunakan paradigma evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) untuk menilai program perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT) di TK Negeri Pembina Sunggal. Dalam penelitian ini, metodologi yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengamatan partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan program digunakan untuk mengumpulkan data. Berdasarkan temuan penelitian, program ini sejalan dengan tujuan pendidikan anak usia dini, yang mencakup pembinaan rasa kerja sama dan nilai-nilai kebangsaan. Meskipun memiliki fasilitas dan sumber daya manusia yang memadai, terdapat sejumlah tantangan dalam hal manajemen waktu dan pembagian tugas. Meskipun anak-anak berpartisipasi aktif dalam kegiatan dan terlibat, koordinasi proses antara orang tua dan guru belum maksimal. Program ini berhasil membantu anak-anak memahami semangat kemandirian, tetapi masih perlu ditingkatkan dalam hal keberlanjutan dan penciptaan kegiatan yang inovatif. Penelitian ini menyarankan keterlibatan aktif yang lebih besar dari semua pemangku kepentingan dalam perencanaan dan implementasi program. Penggunaan model CIPP untuk penilaian program telah berhasil menentukan kelebihan dan kekurangan program sehingga dapat berfungsi sebagai panduan untuk pengembangan program di masa mendatang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJEDR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research dengan nomor ISSN terdaftar 3025-2385 (Cetak) dan 3025-2393 (Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research bertujuan untuk ...