Jurnal Ilmiah KORPUS
Vol 8 No 2: Agustus 2024

Itu Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dalam Menulis Teks Puisi Dengan Metode Sugima (Sugesti-Imajinasi) Pada Kelas X Sman 6 Kota Bengkulu: Perbedaan Hasil Belajar Siswa Dalam Menulis Teks Puisi Dengan Metode Sugima (Sugesti-Imajinasi) Pada Kelas X Sman 6 Kota Bengkulu

Puspitasari, Mely (Unknown)
Ariesta, Ria (Unknown)
Joko Purwadi, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa dalam Menulis Teks Puisi dengan Metode Sugima (Sugesti-Imajinasi) pada Kelas X Sman 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil metode eksperimen dan pendekatan kuantitatif memakai desain eksperimen sederhana (Posttest Only Control Group Design). Penelitian ini memilih 2 kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan diberikan posttest. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas X IPA di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Sampel yang dipakai yaitu sampling purposive yang sebanyak 68 peserta didik. Teknik pengumpulan data mengambil teknik tes berupa posttest untuk mengukur kemampuan menulis puisi dengan tema ayah. Aspek yang dinilai dalam penulisan puisi siswa adalah ketepatan isi dengan judul, diksi, gaya bahasa, rima dan irama dan amanat. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan rumus Kolmogorov-Smirnov. Hasil penelitian ini bahwa yang pertama penerapan pembelajaran dalam menulis puisi dengan metode sugima (sugesti-imajinasi). kedua  kemampuan menulis puisi siswa tidak dengan metode sugima (sugesti-imajinasi) berkategori tinggi dengan nilai rata-rata siswa 77,24. ketiga kemampuan menulis puisi siswa tidak menggunakan metode sugima (sugesti-imajinasi) berkategori tinggi dengan nilai rata-rata siswa 82,53. keempat  terdapat perbedaan hasil menulis puisi siswa berdasarkan hasil uji-t dari pengujian hipotesis tersebut  maka diperoleh nilai thitung (6.036) > ttabel (2.0345) yang berada pada daerah penolakan H0.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

korpus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah KORPUS merupakan jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIB. Jurnal ini memuat dan menyebarluaskan hasil kajian ilmiah dan hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen yang terpilih tentang bahasa, sastra, dan pengajarannya. KORPUS terbit tiga kali dalam setahun, yaitu ...