Darmabakti : Junal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat
Vol 5 No 02 (2024): Darmabakti : Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat

Pelatihan Penggunaan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Di SDN Sondosia

Hakim, Arif Rahman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penggunaan model pembelajaran inovatif yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran sehingga berdampak pada kemampuan literasi numerasi siswa. Salah satu model yang bisa diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah model PjBL. Penyebabnya adalah minimnya keterampilan guru dalam menerapkan model PjBL. Metode yang digunakan yaitu pelatihan dan pendampingan pada 14 orang guru. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan model PjBL yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata kemampuan yang diperoleh guru sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan dengan persentase peningkatan sebesar 40% pada kategori cukup. Selain itu, respon guru terhadap kegiatan berada pada kategori sangat baik dengan persentase 89%. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan guru dalam menerapkan model PjBL dari sebelumnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

darmabakti

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Darmabakti : Junal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat merupakan jurnal elektronik maupun cetak. Junal ini berisi hasil pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang merupakan hilirisasi dari hasil penelitian diberbagai macam bidang ilmu diantaranya Agama, Pertanian, Hukum, Ekonomi, Pendidikan, ...