Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis PMRI pada materi balok kelas V sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas V SD Negeri 7 Lahat. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar angket respon peserta didik dan lembar tes hasil belajar. Proses validasi dilakukan oleh para ahli dengan mengisi lembar validasi untuk menilai aspek materi, media dan bahasa dengan memperoleh nilai kevalidan rata-rata sebesar 89,5% yang memenuhi kriteria “sangat valid”. Sementara tingkat keefektifan e-modul dilihat dari hasil tes belajar peserta didik yang berjumlah 18 orang siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,2% yang artinya memenuhi kriteria “sangat efektif”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis PMRI materi balok yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Copyrights © 2024