Penelitian ini mengidentifikasi permasalahan terkait kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran, yangdisebabkan oleh metode pengajaran yang monoton serta keterbatasan dalam penggunaan media pembelajaran.Keberhasilan media pembelajaran, khususnya dalam membangkitkan minat belajar matematika siswa, menjadi tujuanutama penelitian ini. Media yang dikembangkan adalah kartu domino, yang diimplementasikan dengan menggunakanmodel pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Intrumen penelitian yangdigunakan yaitu lembar observasi, lembar wawancara, angket validasi dan angket respon siswa. Penelitian dilakukanterhadap siswa kelas III B SD Negeri 33 Palembang. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kartu domino yangdikembangkan sangat valid dan praktis, dengan nilai kevalidan rata-rata 90,42% dari 6 aspek yang dinilai oleh 3validator, serta hasil uji coba menunjukkan tingkat praktis yang tinggi: 93,88% untuk uji coba one to one dan 91,6%untuk uji coba small group, dengan total keseluruhan uji coba mencapai 92,74%. Dengan demikian, dapat disimpulkanbahwa pengembangan media kartu domino untuk pembelajaran matematika ini efektif dalam aspek validitas danpraktisnya.
Copyrights © 2024