Live streaming cukup populer di generasi muda. Hal ini dikarenakan live streaming memiliki fitur interaksi secara real-time. Live streaming saat ini juga dimanfaat sebagai sarana bisnis yang berbasis User Generated Content (UGC) yang memanfaatkan kreativitas pengguna dalam menciptakan konten yang kemudian hal tersebut bisa diakses oleh publik. Salah satu aplikasi yang mewadahi konten-konten tersebut adalah Nimo Tv. Nimo Tv merupakan aplikasi live streaming yang membebaskan penggunanya untuk menciptakan kontennya sendiri. Nimo Tv juga memberi peluang para host untuk menghasilkan ratusan hingga ribuan dollar per bulannya. Penonton dapat memberikan pertanyaan serta komentar yang dapat dilihat secara real-time oleh host maupun penonton yang lain. Fitur inilah yang digunakan oleh anak muda untuk memasukkan sisi komunikasi bisnis guna memperoleh tujuan bisnis berupa virtual gifts. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat lebih jauh tentang sejauh mana pengaruh host sebagai opinion leader terhadap interaktivitas pada media live streaming. penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dikelola dengan SPSS. Data dikumpulkan melalui Google Form dengan total 100 sampel sesuai dengan kriteria responden dan membutuhkan 10 hari untuk mengumpulkan data. Penelitian ini menggunakan self determination theory sebagai acuannya. Fokus pada penelitian ini adalah melihat pengaruh host sebagai opinion leader terhadap interaktivitas pada aplikasi Nimo TV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi bisnis yang dilakukan host sebagai opinion leader berpengaruh terhadap interaktivitas pada media live streaming terutama Nimo Tv.
Copyrights © 2024