Penelitian ini mengeksplorasi pengaruh kecerdasan emosional kepala sekolah terhadap motivasi dan kedisiplinan guru. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi literatur, penelitian ini menyoroti peran penting kepala sekolah dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Kecerdasan emosional, yang mencakup kemampuan mengelola dan memahami emosi, berperan besar dalam meningkatkan motivasi dan disiplin guru. Kepala sekolah dengan kecerdasan emosional tinggi mampu membangun hubungan positif, mengelola konflik, dan menciptakan suasana kerja yang mendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional tidak hanya mempengaruhi hubungan interpersonal di sekolah, tetapi juga berdampak pada peningkatan kinerja dan komitmen guru. Guru yang merasa didukung dan dihargai cenderung lebih termotivasi dan disiplin dalam melaksanakan tugasnya. Penelitian ini menyarankan perlunya pelatihan kecerdasan emosional bagi kepala sekolah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi, empati, dan pengelolaan stres, guna memperkuat motivasi dan disiplin guru. Faktor lain seperti budaya sekolah dan kebijakan pendidikan juga diakui berperan dalam mendukung efektivitas kepemimpinan. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pemangku kepentingan pendidikan dalam merancang program pengembangan kepemimpinan yang berfokus pada peningkatan kecerdasan emosional.
Copyrights © 2024