Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia
Vol 7, No 3 (2024)

ANALISIS PERSEPSI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DAERAH TERTINGGAL, TERDEPAN DAN TERLUAR TERHADAP PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA

Longo, Cindi Paramita Lestari (Unknown)
Sibuea, Saskia Jelita (Unknown)
Ndruru, Nestan Handayani (Unknown)
Lase, Militan (Unknown)
Purba, Leony Sanga Lamsari (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan tujuan mendeskripsikan bagaimana respon positif konsenttrasi belajar siswa terhadap pembelajaran kurikulum merdeka di daerah 3T. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i sekolah menengah atas daerah di 3T Indonesia dan sampel sebanyak 72 orang siswa dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner dengan pernyataan 24 item yang tersebar ke dalam 3 dimensi, angket yang disusun mengikuti skala likert. Respon positif untuk dimensi peningkatan konsentrasi belajar (40,34%), dimensi kolaborasi (34,79%) dan dimensi minat belajar (33,65%). Namun demikian, ada respon negatif implementasi kurikulum merdeka pada dimensi konsentrasi belajar (6,39%), kolaborasi (5,79%) dan dimensi minat belajar (5,52%). Secara umum, peserta didik SMA daerah 3T merespon positif implementasi kurikulum merdeka dengan mempertimbangkan pelatihan kurikulum merdeka secara menyeluruh di daerah 3T, namun masih ada siswa memberi respon negatif. Hal ini harus disikapi oleh pemerintah dalam upaya peningkatan efektivitas kurikulum merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

daltonjurnal

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Merupakan jurnal dalam bidang pendidikan kimia dan ilmu kimia di program studi pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Kalimantan MAB, diterbitkan oleh UPT Publikasi dan Pengelolaan Jurnal, terbit setiap mei dan November (e-issn: 2621-3060). Pada bidang ilmu ...