Jurnal Perspektif
Vol 8, No 2 (2024): Jurnal Perspektif: Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024

Studi Observasi Technological Pedagogical Content Knowledge Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Luas Permukaan Kerucut

Rosyid, Abdul (Unknown)
Jupri, Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2024

Abstract

Pada era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat saat ini, guru matematika diharapkan bisa mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran mereka. Untuk bisa mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran matematika, guru matematika perlu memahami dan memiliki kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Penelitian ini bertujuan untuk menelaah secara mendalam TPACK guru matematika SMP dalam pembelajaran matematika materi luas permukaan kerucut.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis observasi. Analisis observasi dalam penelitian ini mengacu pada proses menganalisis   data   yang   diperoleh   melalui observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah memiliki Content Knowledge (CK), Pedagogical Knowledge (PK), dan Pedagogical Content Knowledge (PCK) dengan baik, namun pada Technological Knowledge (TK), Technological Content Knowledge (TCK), Technological Pedagogical Knowledge (TPK), dan TPACK terlihat bahwa guru masih kurang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru belum dapat mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi pada pembelajaran matematikanya dikarenakan TPACK yang dimiliki guru belum mumpuni terutama pada komponen TK, TCK, dan TPK. Banyak faktor yang memungkinkan hal tersebut terjadi, salah satunya adalah dukungan sarana dan prasarana penunjang pembelajaran seperti tersedianya perangkat teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut sangat disarankan untuk dilakukan di masa mendatang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Arts Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Other

Description

Multidicipliner: Social Science, Law and Islamic Law, Education, Politic, Science and Technology, Languistic. ...