Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Vol. 5 No. 5 (2024): Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan

Implementasi Metode Suku Kata dalam Buku Budak Teuneung untuk Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar

Mulyani, Noni (Unknown)
Kuswari, Usep (Unknown)
Haerudin, Dingding (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Tulisan ini membahas pentingnya keterampilan membaca di pendidikan dasar, terutama dalam pembelajaran bahasa Sunda, yang memainkan peran krusial dalam pembentukan karakter, sosial, dan intelektual siswa. Kompetensi membaca awal di SD mencakup keterampilan membaca nyaring dan lancar serta membangun budaya membaca. Metode suku kata dianggap efektif untuk membantu siswa yang kesulitan membaca, karena memudahkan siswa mengenali suku kata sebelum menyusunnya menjadi kata bermakna. Keunggulan metode ini meliputi pengenalan huruf tanpa mengeja, kemudahan identifikasi kata, dan efisiensi waktu dalam pengajaran. Berbagai penelitian mendukung efektivitas metode ini dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan, bahkan hingga tingkat keberhasilan 90%. Tulisan ini mencoba memaparkan bagaimana jika metode suku kata diterapkan dalam pembelajaran bahasa Sunda di SD dengan bahannya menggunakan buku “Budak Teuneung” sebagai media utama. Diharapkan bahwa penerapan metode ini dapat memperkaya keterampilan membaca siswa, terutama dalam pembelajaran bahasa Sunda, sekaligus mempertahankan budaya dan nilai lokal. Penelitian ini penting untuk mendukung upaya mempertahankan identitas budaya di era globalisasi, sekaligus meningkatkan kompetensi membaca siswa dalam bahasa daerah yang mulai terpinggirkan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

syntax-imperatif

Publisher

Subject

Religion Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Syntax Imperatif. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan dua bulan sekali oleh CV. Syntax Corporation Indonesia. Jurnal Syntax Imperatif akan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dalam cangkupan ilmu sosial dan pendidikan. Artikel yang dimuat adalah artikel hasil penelitian, ...