Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi
Vol. 2 No. 2 (2024): November

ANALISIS SENTIMEN KELUHAN PENGGUNA PADA GAME SUPREMACY 1914 MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING

Cevin, Jery (Unknown)
Gultom, David (Unknown)
Orlando, Nikolas (Unknown)
Hendrik Fery Herdiatmoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis keluhan pengguna untuk pengembangan game Supremacy 1914 dengan memanfaatkan 1000 ulasan berbahasa Indonesia di Google Playstore. Ulasan ini diproses melalui tahapan preprocessing, seperti pemisahan kata (tokenizing), penyaringan (filtering), penghapusan kata tidak penting (stop word), dan pengubahan kata ke bentuk dasar (stemming). Data yang telah diproses dikelompokkan menggunakan metode K-Means menjadi tiga kelompok (cluster), yang divisualisasikan dalam bentuk wordcloud. Cluster 0 mencakup ulasan umum dengan kata-kata seperti "bagus", "seru", dan "mantap", sedangkan Cluster 1 fokus pada masukan terkait kualitas game dan pengalaman pengguna. Penelitian ini diharapkan membantu pengembang mengidentifikasi kebutuhan pengguna lebih cepat, meningkatkan kepuasan, dan mendukung pengembangan game secara berkelanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrsit

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Rekayasa Sistem Informasi dan Teknologi (JRSIT) adalah jurnal nasional sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran, dan kajian kritis-analitik mengenai penelitian di bidang ilmu dan teknologi komputer, termasuk Teknik Sistem, Teknik Informatika, Teknologi Informasi, Informatika ...