Minat baca siswa SMAN 5 Pekanbaru yang rendah menjadi hambatan dalam pengembangan literasi dan keterampilan komunikasi, khususnya dalam bahasa Inggris. Untuk mengatasi masalah ini, kegiatan pengabdian dilakukan dengan tujuan meningkatkan minat baca dan keterampilan komunikasi siswa melalui metode interaktif, seperti teka-teki dalam bahasa Inggris dengan tema dongeng dan konstruksi. Metode kegiatan meliputi sosialisasi, pelatihan interaktif, serta pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan hasil tes. Analisis data menunjukkan peningkatan minat baca dan keterampilan komunikasi siswa setelah kegiatan. Hasilnya menunjukkan bahwa 83,3% siswa mampu memahami materi yang disampaikan, dan minat baca meningkat di antara 61,9% siswa yang merasa puas dengan kegiatan tersebut. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran akan pentingnya membaca dan keterampilan komunikasi. Disarankan agar program serupa dilanjutkan secara berkesinambungan untuk mendukung perkembangan literasi di era digital.
Copyrights © 2024