PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2024): Oktober, 2024

SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: ANALISIS LEARNING OBSTACLE SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN

Warsitarumanti, Syahrani (Unknown)
Suryadi, Didi (Unknown)
Nurjanah, Nurjanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji terkait learning obstacle siswa sekolah menengah pertama pada materi lingkaran. Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Artikel yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan kurun waktu 2019-2024. Kesulitan dalam memahami materi lingkaran bisa disebabkan karena beberapa hambatan belajar yaitu epistemological obstacle (hambatan dalam memahami konsep), ontogenical obstacle (hambatan kesiapan mental dan psikologis) dan didactical obstacle (hambatan pada bahan ajar dan penyampaian guru). Berdasarkan hasil kajian literatur yang dilakukan, diperoleh bahwa learning obstacle siswa pada materi lingkaran yang dikelompokkan menjadi tiga yaitu: 1) ontogenical obstacle, salah satunya karena siswa kurang motivasi dalam belajar sehingga siswa tidak siap untuk melakukan proses pembelajaran; 2) epistemological obstacle, salah satunya adalah kurangnya pengalaman siswa dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan materi lingkaran; 3) didactical obstacle, salah satunya karena penyampaian guru dalam menjelaskan materi kurang tepat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...