PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2024): Oktober, 2024

SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW HAMBATAN BELAJAR SISWA DALAM MATERI STATISTIKA TINGKAT SMP

Saputri, Aulia Nabilla (Unknown)
Suryadi, Didi (Unknown)
Nurjanah, Nurjanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2024

Abstract

Cabang matematika yang penting untuk dipelajari salah satunya adalah statistika. Dalam proses pembelajaran statistika, hambatan belajar sering kali dialami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan belajar (learning obstacle) pada siswa dalam materi statistika tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Artikel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak empat artikel jurnal nasional yang telah melewati kriteria yang telah ditentukan dalam kurun waktu 2017-2023. Berdasarkan kajian literatur yang telah dilakukan, diperoleh bahwa hambatan belajar yang dialami siswa meliputi hambatan ontogeni seperti kesulitan membuat dan membaca diagram, menentukan median, kuartil, dan rata-rata. Hambatan epistemologi seperti belum memahami konsep median, rata-rata, dan modus, keliru menggunakan rumus, dan kesalahan perhitungan. Hambatan didaktis karena guru sering kali langsung memberikan rumus dan meminta siswa untuk menghafal rumus yang diberikan sehingga membuat siswa cepat lupa rumus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...