Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa SMK Negeri 10 Sarolangun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 6 orang, 2 orang siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi, 2 orang siswa dengan kemampuan awal matematika sedang, dan 2 orang dengan kemampuan awal matematika rendah. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi dan sedang memiliki kemampuan pemahaman konsep yang baik. Sedangkan siswa yang memiliki kemampuan awal matematika rendah memiliki kemampuan pemahaman konsep yang kurang baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021