PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2024): Oktober, 2024

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI VEKTOR KELAS XI-F2 SMAN 13 SEMARANG MELALUI MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN TaRL

Anggraheni, Primanina Juwita (Unknown)
Sutarto, Hery (Unknown)
Sudarsono, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas XI-F2 SMAN 13 Semarang dalam menyelesaikan soal cerita pada materi vektor melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas XI-F2. Data diperoleh melalui tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan menyelesaikan soal cerita materi vektor setelah penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL. Pada siklus pertama, rata-rata nilai siswa meningkat dari 81 menjadi 87,6, dan pada siklus kedua meningkat lagi menjadi 91,56. Selain itu, observasi dari aktifitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Pada observasi aktivitas guru siklus I memperoleh skor sebesar 20 yang menujukan katagori penilaian cukup, kemudian pada siklus II naik menjadi 28 yang menunjukkan kategori baik. Pada observasi aktivitas siswa siklus I memperoleh skor sebesar 9 yang menujukan katagori penilaian cukup, kemudian pada siklus II naik menjadi 15 yang menunjukkan kategori baik. Dengan demikian, model PBL dengan pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada materi vektor dan dapat direkomendasikan sebagai metode pembelajaran alternatif di kelas XI.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...