PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2024): Oktober, 2024

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN PENDEKATAN PMR PADA SISWA KELAS VIII F SMP NEGERI 23 PURWOREJO

Zainatun, Siti (Unknown)
Yuzianah, Dita (Unknown)
Purwaningsih, Wharyanti Ika (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan alat penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan soal tes pemahaman konsep untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). 33 siswa kelas VIII F SMP Negeri 23 Purworejo menjadi subjek dalam penelitian tindakan kelas ini. Penelitian ini melalui tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II dengan masing-masing siklus terdapat tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitiannya adalah seluruh proses dan hasil belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan pendekatan PMR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep meningkat dari 59,51% pada siklus I menjadi 82,20% pada siklus II. Dilihat dari ketuntasan belajar siswa pada Siklus I terdapat 6 siswa yang tuntas dengan presentase 18,20% dan pada siklus II terdapat 30 siswa yang tuntas dengan presentase 93,80%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dengan pendekatan PMR dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...