Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan pembelajaran. Salah satunya adalah pendekatan matematika realistic. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan PMRI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pretest-postes only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Jambi. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII.1 (kelas eksperimen) dan VII.2 (kelas control). Instrumen yang digunakan adalah tes essay. Pengumpulan data digunakan dengan metode tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa , dengan  dan  maka diperoleh 1,6753. Karena nilai  yaitu ,  maka hipotesis ditolak. Artinya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan PMRI lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan konvensional
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023