PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2024): Oktober, 2024

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBANTUAN AUGMENTED REALITY DENGAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMP NEGERI 7 LUBUKLINGGAU

Felia, Gita (Unknown)
Mulyono, Dodik (Unknown)
Fauziah, Anna (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika berbantuan augmented reality dengan materi bangun ruang sisi datar yang valid, praktis serta efekpotensial terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yaitu pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu analysis, design, developmen, implement dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah 3 validator pada tahap development, 3 siswa kelas VIII.1 pada tahap one to one, 6 siswa kelas VIII.1 Pada tahap small group, serta seluruh siswa kelas VIII.1 dengan jumlah 31 siswa pada tahap efek potensial. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis data lembar validasi, analisis data lembar kepraktisan, serta analisis hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas media pembelajaran dilihat dari aspek kevalidan bahasa termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 0,86, aspek kevalidan media termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 0,75, dan aspek kevalidan materi termasuk dalam kategori sangat valid dengan skor 0,94; (2) Kualitas bahan ajar Modul dilihat dari aspek kepraktisan one to one dikategorikan sangat praktis dengan skor 5,0 dan aspek kepraktian small group dikategorikan sangan praktis dengan skor 4,9 dari seluruh aspek kepraktisan tergolong dalam ketegori sangat praktis dengan skor rata-rata 4,9; (3) Bahan ajar Modul memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa dimana sebanyak 28 siswa (90,32%) termasuk dalam kategori tuntas, sedangkan sebanyak 3 siswa (9,68%) belum tuntas dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah sebesar 68.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...