PHI: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2024): Oktober, 2024

KATEGORISASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI ALJABAR

Aulia, Widha Daradika (Unknown)
Abadi, Agung Prasetyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi Aljabar. Tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis ini dikategorikan dalam tingkat tinggi, sedang, dan rendah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP di Kabupaten Bekasi dengan sampel berjumlah 29 siswa, yang terdiri dari 15 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes, dengan instrumen yang digunakan adalah soal uraian yang berjumlah 5 yang mewakili dari masing-masing indikator. Hasil dari penelitian ini siswa dengan kategori tinggi sebanyak 10,3%, kategori sedang 38%, dan kategori rendah 51,7%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

phi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

PHI: Jurnal Pendidikan Matematika is an open access peer-reviewed journal that aims to share and discuss issues and research results. This journal is published by Mathematics Education Program Study, Batanghari University. This journal publishes scientific articles on research results and reviews ...