Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggunaan media pembelajaran berbantuan game edukasi Wordwall dalam pembelajaran statistika di SMP, khususnya dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024 di SMP 1 Pasundan Bandung, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII D sebanyak 27 siswa. Fokus materi pembelajaran adalah pemusatan data (mean, median, dan modus). Data dikumpulkan melalui tes tulis, tes dengan bantuan game edukasi, dan tinjauan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbantuan game edukasi Wordwall dapat meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi statistika dalam jangka pendek. Mayoritas siswa (82,6%) berhasil menjawab soal dengan benar menggunakan media pembelajaran berbantuan game edukasi, sementara pada tes tulis, hanya 69,5% yang mencapai KKM. Ini menunjukkan bahwa meskipun media pembelajaran berbantuan game edukasi meningkatkan pemahaman dalam jangka pendek, diperlukan strategi tambahan untuk transfer pembelajaran yang efektif dalam evaluasi formal. Kesimpulan yang bisa diambil adalah bahwa media pembelajaran berbantuan game edukasi Wordwall memiliki potensi untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran statistika, namun strategi pendidikan tambahan diperlukan untuk memastikan transfer pembelajaran yang efektif dalam evaluasi formal. Penelitian lebih lanjut diusulkan untuk mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran dengan game edukasi dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024