EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 5 (2024)

Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Formal Orang Tua dan Penerapan Pola Asuh Demokratis Orang Tua terhadap Prestasi Belajar PPKn

Atillah, Najjasya (Unknown)
Setiyadi, Yulianto Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Prestasi belajar siswa di sekolah dipengaruhi oleh beberapa faktor di dalamnya. Penelitian ini memiliki tujuan agar peneliti mengetahui bagaimana pengaruh latar belakang pendidikan formal orang tua dan penerapan pola asuh demokratis orang tua sebagai aspek yang bisa mempengaruhi prestasi belajar PPKn pada siswa SMP. Jenis penelitian ini menerapkan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei, data pada penelitian ini didapatkan peneliti melalui kuesioner serta dokumentasi. Populasi penelitian terdiri atas 224 siswa SMP Negeri 1 Tanon kelas VIII, dan teknik Proportional Random Sampling menurut Arikunto digunakan  untuk pengambilan sampel sebanyak 56 siswa. Program  SPSS versi 22 digunakan peneliti untuk teknik analisis data. Hasilnya dari penelitian menunjukkan jika variabel latar belakang pendidikan formal orang tua mempunyai pengaruh parsial terhadap prestasi belajar PPKn, variable penerapan pola asuh demokratis orang tua juga mempunyai pengaruh parsial terhadap prestasi belajar PPKn dan secara simultan, latar belakang pendidikan formal orang tua dan penerapan pola asuh demokratis orang tua berpengaruh pada prestasi belajar PPKn. Dapat disimpulkan bahwa faktor eksternal menentukan prestasi belajar PPKn peserta didik ketika di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...