Pada saat ini masih ditemukan guru yang kesulitan dalam membuat media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar dan kurangnya kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan game based learning dan mengetahui kemampuan kognitif siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan quasi experimental, responden pada penelitian ini yaitu 23 siswa kelas esperimen dan 31 siswa kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penggunaan wordwall berbantuan game based learning pada siswa kelas IV materi wujud pada guru dan siswa mendapat nilai rata-rata sangat baik. Guru dan siswa melaksanakan seluruh tahapan pada model game based learning secara berurutan sesuai dengan indikator. Kemampuan kognitif siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan di kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional dikelas kontrol menunjukkan bahwa mengalami peningkatan. Untuk nilai sebelum pemberian perlakuan (pretest) pada kelas eksperimen didapatkan nilai rata-rata siswa sebesar 58,57 sedangkan dikelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata siswa sebesar 60,68. Kemudian untuk nilai setelah pemberian perlakuan (posttest) pada kelas eksperimen mendapat rata-rata 87,00 mendapat peningkatan 67,96 dan kelas kontrol 72,35 mendapat peningkatan 27,98. Adapun implikasi pada penelitian ini yaitu siswa mempunyai pengalaman baru terkait dengan cara penggunaan media pembelajaran berbasis website.
Copyrights © 2024