Indonesia saat ini mengalami peningkatan dalam bidang pendidikan, salah satunya dengan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan melalui media pembelajaran yang dipakai. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas media game edukasi berbasis web wordwall. untuk meningkatan pemahaman materi siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE yang terdiri dari Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evalution (evaluasi). Subjek penelitian siswa kelas VI MI Muhammadiyah 02 Solokuro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media game edukasi berbasis web wordwall sangat valid digunakan yang terbukti  pada hasil validitas yang telah dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan ahli desain dengan perolehan skor 3.51, 3.91, 3.62 dengan kategori sangat valid. (2) media game edukasi berbasis web wordwall sangat praktis digunakan terbukti dengan hasil angket respon siswa pada uji coba terbatas dan lapangan dengan perolehan skor 4.22 dan 4.10 dan hasil angket aktivitas siswa dengan presentase 3.35 dan 4.42 yang menunjukkan terdapat peningkatan pada uji coba terbatas dan lapangan. Penelitian ini mempunyai dampak positif dalam peningkatan mutu pembelajaran yang dilakukan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024