Latar belakang penetian ini dilakukan karena melihat tantangan yang dialami oleh siswa kelas IV SDI Ende 14 yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan konsep geometri serta minimnya minimnya asesmen diagnostik kognitif berbasis kearifan lokal. Tujuan penelitian untuk mengembangkan asesmen diagnostik kognitif berbasis kearifan lokal masyarakat Ende Lio pada materi bangun ruang dan bangun datar bagi siswa kelas IV SDI Ende 14 dengan menggunakan R&D model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan 70% siswa mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep geometri dan minimnya instrumen asesmen yang relevan dengan kearifan lokal, maka dilakukan pengembangan asesmen berbasis kearifan lokal Masyarakat Ende Lio. Hasil validasi oleh validator ahli dan revisi produk menghasilkan soal yang valid dengan nilai koefisien reliabilitas yang sangat reliabel : 0,936 serta tingkat kesukaran dan daya pembeda yang bervariasi. Implementasi dilakukan dengan uji coba produk dan pengumpulan data respon siswa serta menunjukkan hasil positif dengan rata-rata 79,33% dengan kriteria layak dan di tahap evaluasi formatif dilakukan berdasarkan masukan dari validator ahli. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa produk pengembangan asesmen diagnostik kognitif berbasis kearifan lokal masyarakat Ende lio pada materi bangun ruang dan bangun datar di kelas IV sangat valid dan layak digunakan sebagai asesmen diagnostik.
Copyrights © 2024