Perkembangan zaman yang sangat pesat, terutama dalam bidang teknologi, menuntut dunia pendidikan untuk terus menyesuaikan diri. Salah satu tantangan utama adalah bagaimana memanfaatkan teknologi terbaru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penlitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, mengetahui kelayakan, dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran edutainment menggunakan nearpod pada materi akuntansi dasar kelas X layanan perbankan di SMK Negeri 1 Kemlagi Mojokerto. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisi, desain, pengembangan, impementasi, dan evaluasi. Namun, penelitian inin hanya dilakukan sampai tahap pengembangan. Uji coba terbatas dilakukan pada 20 siswa kelas X layanan perbankan sebagai responden. Instrumen yang digunakan mencakup lembar validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan angket respon peserta didik. Hasil validasi menunjukkan kelayakan “sangat layak” dari ahli media (98%) dan materi (95%), “layak” dari ahli bahasa (77%), serta respon peserta didik “sangat baik” (99%). Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran edutainment menggunakan nearpod pada materi akuntansi dasar sangat layak digunakan serta dapat diimplemntasikan secara efektif dalam proses pembelajaran di sekolah, memberikan dukungan yang signifikan dalam emingkatkan kualitas pembelajaran akuntansi dasar
Copyrights © 2024