EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 6, No 6 (2024): December

Pengembangan Komik Congklak untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD

Neno, Fobona Eunike (Unknown)
Kusuma, Dani (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan media komik congklak untuk kelas 2 SD pada materi penjumlahan dan pengurangan yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 siswa kelas 2 SD Inpres Buraen 2. Penelitian ini menggunakan instrument lembar validasi, angket minat belajar siswa, soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa komik congklak valid dengan presentase 88% pada media pembelajaran dan dikategorikan sangat layak, kemudian presentase 65%  pada materi pembelajaran yang dikategorikan cukup. Komik congklak meningkatkan minat belajar siswa dengan hasil respon angket minat belajar siswa yang memperoleh presentase 30% sebelum menggunakan media komik congklak, sedangkan presentase 91,25% sesudah menggunakan media komik congklak. Komik congklak juga meningkatkan hasil belajar siswa dengan  nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0, 05 sehingga hipotesis diterima. Adanya perbedaan hasil belajar matematika pada soal pretest dan postest. Media komik congklak juga praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran dengan presentase tanggapan guru adalah 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komik congklak valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...