Media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan media komik congklak untuk kelas 2 SD pada materi penjumlahan dan pengurangan yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 16 siswa kelas 2 SD Inpres Buraen 2. Penelitian ini menggunakan instrument lembar validasi, angket minat belajar siswa, soal pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa komik congklak valid dengan presentase 88% pada media pembelajaran dan dikategorikan sangat layak, kemudian presentase 65% pada materi pembelajaran yang dikategorikan cukup. Komik congklak meningkatkan minat belajar siswa dengan hasil respon angket minat belajar siswa yang memperoleh presentase 30% sebelum menggunakan media komik congklak, sedangkan presentase 91,25% sesudah menggunakan media komik congklak. Komik congklak juga meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0, 05 sehingga hipotesis diterima. Adanya perbedaan hasil belajar matematika pada soal pretest dan postest. Media komik congklak juga praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran dengan presentase tanggapan guru adalah 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa komik congklak valid, efektif dan praktis untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan.
Copyrights © 2024