Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik di SMA/MA pada proses pembelajaran kimia yang berhubungan dengan kesalahpahaman peserta didik memahami konsep kimia sehingga diperlukan sebuah alat ukur untuk mengetahui permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik four-tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik pada materi sistem periodik unsur yang memenuhi kriteria instrumen tes yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan menggunakan model pengembangan Treagust (1988). Berdasarkan hasil validasi terhadap lima orang validator, instrumen tes diagnostik dinyatakan valid secara logis dengan nilai rata-rata 0,88. Berdasarkan hasil uji coba terhadap peserta didik, didapatkan nilai reliabilitas instrumen tes diagnostik pada tingkat pertama (first-tier) dan tingkat ketiga (third-tier) sebesar 0,88 dan 0,90 dengan kategori reliabilitas sangat tinggi, serta memiliki indeks kesukaran, daya pembeda serta fungsi distraktor yang baik. Implikasi penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai alat ukur bagi guru untuk mengetahui miskonsepsi peserta didik SMA/MA pada materi sistem periodik unsur.
Copyrights © 2024