Artikel ini membahas peran Program Profesi Guru Pra-jabatan dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa menentukan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) pada proses penyusunan modul ajar berdasarkan Kurikulum Merdeka. PPG Prajab bertujuan untuk mempersiapkan calon guru dengan keterampilan praktis dalam merancang dan mengevaluasi pembelajaran yang efektif. Artikel ini menjelaskan pentingnya pemahaman akan taksonomi Bloom dan prinsip-prinsip penilaian pembelajaran yang mempengaruhi proses penyusunan IPK. Selain itu, artikel ini juga mengidentifikasi tantangan dalam proses penyusunan modul ajar, seperti keterbatasan sumber daya dan kebutuhan untuk menyesuaikan IPK dengan karakteristik siswa dan perkembangan kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami secara mendalam peran PPG Prajab terhadap kemampuan menentukan IPK pada penyusunan modul ajar Kurikulum Merdeka. Secara keseluruhan, artikel ini menyoroti peran krusial PPG Prajab dalam mempersiapkan guru yang kompeten dalam menentukan IPK yang relevan dan efektif pada penyusunan modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka. PPG Prajab memfasilitasi mahasiswa calon guru untuk mampu menyusun modul ajar dengan baik dan benar beserta komponen di dalamnya, khususnya IPK yang disepakati sebagai komponen paling penting dalam Modul Ajar Kurikulum Merdeka. Melalui PPG Prajab, mahasiswa menjadi terlatih dalam menyusun IPK beserta keterampilan pemilihan KD dan KKO dalam teori Taksonomi Bloom. Maka artikel ini memberikan gambaran tentang pentingnya guru memiliki kualifikasi yang mumpuni sebagai bekal untuk mengajar. Kualifikasi tersebut perlu dibuktikan dengan dokumen resmi yang bisa ditunjukan dalam bentuk Sertifikat Pendidikan dan kemudian bisa diraih melalui PPG Pra-jabatan
Copyrights © 2024